Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Jumat, 06 Oktober 2017

Fungsi 6 Jenis Jarak Baris di Microsoft Word


Tutorial: Word 2007, 2010, 2013, 2016.
Artikel ini membahas 6 jenis jarak baris (line spacing) di Microsoft Word, cara modifikasi, shortcut, dan kegunaan masing-masing jenis jarak baris tersebut.
6 Jenis dan Kegunaan Jarak Baris di Microsoft Word

Jarak baris (line spacing) adalah jarak antar baris dalam paragraf.
Pengaturan jarak baris sangat berguna saat kita membuat dokumen Word yang paragrafnya berisi aneka font dan elemen-elemen lain pada baris tersebut (gambar, huruf besar, simbol dan formula). Contoh: resume, selebaran, newsletter, cover laporan, dan lain-lain.

Poin penting yang perlu diketahui adalah tipe font yang berbeda dan elemen terbesar dalam baris tersebut bisa mempengaruhi tinggi baris yang kita gunakan.



I. Jarak Standar (Default) pada Setiap Versi Microsoft

Mungkin Anda selama ini sama seperti saya yang mengira jarak baris yang standar (default) dari Microsoft adalah 1 baris (single line).
Yang sebenarnya Microsoft Word menggunakan jarak baris lebih dari 1. Jarak baris standar Word 2007, 2010, 2013 dan 2016 adalah 1.15. Hal ini bertujuan agar teks pada dokumen, terutama dokumen online, lebih mudah dibaca.
Kita bisa mengecek jarak baris ini dengan cara berikut: pada tab Home, bagian Paragraph, klik Line Spacing (Word 2007) atau Line and Paragraph Spacing (Word 2010 – 2016). Dan lihat jarak baris yang tercentang adalah 1.15.
Line and Paragraph Spacing Word 2013


II. Mengatur Jarak Baris

Bila kita tidak ingin menggunakan jarak baris standar dari Microsoft Word dan ingin mengubahnya ke jaris baris yang lain, maka cara cepatnya adalah berikut ini:
  1. Pilih kumpulan teks yang ingin diubah jarak barisnya.
    Tip: tekan tombol CTRL + A untuk memilih seluruh isi dokumen.
    Default Line Spacing Word 2013
  2. Pada tab Home, bagian Paragraph, klik Line Spacing (Word 2007) atau Line and Paragraph Spacing (Word 2010 – 2016).
  3. Selanjutnya pilih jarak baris yang muncul pada menu.
Cara di atas hanya akan mengubah jarak baris pada teks yang kita pilih. Seandainya kita ingin mengatur jarak untuk seluruh baris dalam dokumen atau untuk semua dokumen baru, maka gunakan cara berikut:
  1. Pada tab Home, bagian Paragraph, klik:
    • Line Spacing (Word 2007)
    • Line and Paragraph Spacing (Word 2010 – 2016)
  2. Pilih Line Spacing Options.
  3. Pada kotak dialog Paragraph, tab Indents and Spacing, di bagian Spacing, pilih jenis jarak baris di dropdown menu Line spacing. Yaitu: Single, 1.5 lines, Double, At least, Multiple, atau Exactly. Penjelasan kegunaan jenis-jenis jarak baris ini ada di bawah ini.
    Line Spacing Dropdown Menu
  4. Klik Default (Word 2007) atau Set as Default (Word 2010 – 2016).
  5. Pada kotak dialog, pilih:
    Line Spacing Set as Default
    • This document only: untuk menerapkan jarak baris pada dokumen ini saja.
    • All documents based on the Normal template: untuk menerapkan jarak baris pada seluruh dokumen baru.
  6. Terakhir, klik OK untuk menutup semua kotak dialog.

0 komentar:

Posting Komentar