Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Jumat, 06 Oktober 2017

Cara Menghapus Spasi Ekstra di Dokumen Word



Tutorial: Word 2007, 2010, 2013.
Tutorial ini menyajikan cara cepat untuk menghapus spasi ekstra pada teks dokumen Word dengan jumlah halaman yang banyak
Cara Menghapus Spasi Ekstra di Dokumen Word

Rekomendasi: Cara Menghapus Halaman Kosong di Dokumen Microsoft Word.
Kadang kita menemukan spasi ekstra di antara teks dalam dokumen Microsoft Word. Contohnya seperti pada gambar berikut ini. Ada jarak yang lebar pada beberapa teks.

Contoh teks dengan spasi ekstra
Untuk lebih jelasnya kita aktifkan fitur Show/Hide (CTRL + *) untuk menampilkan simbol spasi yang berupa tanda titik. Pada gambar di atas terlihat titik-titik yang menunjukkan adanya spasi yang lebih dari satu.
Untuk itu, kita akan menghapus spasi ekstra ini dengan menggunakan teknik Find and Replace yang bisa menghapus spasi ekstra; baik jumlahnya 2, 5, 10 maupun 100 spasi dengan cepat dan mudah, tanpa harus mencarinya satu per satu.
 

Langkah-Langkah

  1. Tekan tombol CTRL + H untuk membuka tab Replace.
  2. Klik tombol More >> dan centang kotak Use wildcards.
  3. Pada kotak Find what ketik ( ){2;} dan pada kotak Replace ketik 1 seperti contoh gambar berikut ini.
    Hal penting: bila settingan komputer Anda menggunakan tanda pemisah koma (,) untuk list separator, maka ganti kode pada kotak Find what menjadi seperti ini ( ){2,}
    Kode untuk ditulis di kotak Find and Replace
  4. Word akan memberitahukan jumlah replacement yang dibuat. Hasilnya adalah seperti contoh berikut. Titik tanda spasi di antara teks sekarang hanya ada satu saja.
    Hasil setelah spasi ekstra dihapus

0 komentar:

Posting Komentar